Lompat ke konten utama
Terkait Pengangkutan Barang

Bagaimana operator pengangkutan dapat menjadikan perusahaannya berbeda melalui penyediaan asuransi kargo

12/2020
cargoship sailing

Ketahui bagaimana penyediaan asuransi kargo dapat membantu Anda menjaga kepuasan pelanggan, mengurangi risiko bisnis Anda, serta membuat perusahaan Anda lebih menonjol dalam pasar logistik yang kompetitif.

Dengan hadirnya ribuan perusahaan freight forwarder dan penyedia layanan logistik di Asia Pasifik, merupakan suatu tantangan yang nyata untuk bisa lebih menonjol daripada pesaing lainnya.

Saat ini, pihak pengirim barang dihadapkan pada banyak sekali pilihan terkait pengiriman barang mereka ke berbagai belahan dunia.

Lantas, bagaimana Anda akan membuat perusahaan Anda berbeda dari operator pengangkutan lainnya? Apa yang sebaiknya Anda lakukan, terkait layanan yang Anda berikan, untuk dapat menarik pelanggan baru serta mempertahankan pelanggan yang sudah bekerja sama dengan Anda? Apakah Anda menyediakan layanan bernilai lebih seperti asuransi kargo? Apakah Anda memasukkan asuransi kargo sebagai bagian dari proses Anda dalam mengurangi risiko bisnis?

 

Asuransi Tanggung Jawab Kargo vs Asuransi Kargo

Mari kita mulai dengan meluruskan kesalahpahaman yang umum terjadi – perbedaan antara asuransi tanggung jawab kargo dan asuransi kargo:
 

  • Asuransi tanggung jawab kargo 

Jika tidak memiliki asuransi kargo, maka pengiriman milik pelanggan Anda akan tunduk pada standar persyaratan dagang yang Anda miliki, dimana berlaku batasan-batasan tanggung jawab dan pengecualian. Pada saat terjadi kasus kerugian terhadap kargo yang menjadi tanggung jawab Anda, maka kompensasi akan ditentukan oleh persyaratan dagang tersebut. Oleh karena itu, pelanggan Anda mungkin saja tidak mendapat pembayaran penuh, akibat dari berbagai batasan yang ada (misalnya per kilogram atau per paket) atau lebih buruknya, klaim yang diajukan mungkin saja mengalami penolakan (misalnya perang atau kondisi yang berada diluar kuasa manusia). Selain itu, pelanggan Anda perlu memberikan bukti bahwa Anda bertanggung jawab secara hukum terhadap kerugian yang telah terjadi.
 

  • Asuransi Kargo

Dengan memilki asuransi kargo, pelanggan Anda akan mendapat kompensasi menurut polis asuransi yang berlaku. Pada kasus dimana terjadi kerugian atau kerusakan fisik barang saat sedang dalam perjalanan pengiriman, pelanggan Anda akan mendapat penggantian hingga sebesar nilai barang tersebut. Selain itu, pelanggan Anda tidak perlu membuktikan bahwa Anda bertanggung jawab secara hukum atas kerugian yang terjadi.

 

Contoh skenario klaim total loss

Suatu perusahaan freight forwarder ditunjuk untuk melakukan pengiriman barang berupa mesin, dengan nilai USD50.000.

Pengiriman tersebut diterima. Namun, berdasarkan pemeriksaan lebih lanjut ditemukan bahwa mesin-mesin tersebut mengalami kerusakan. Pihak pengirim barang mengajukan klaim terhadap perusahaan freight forwarder.

 

Batasan kompensasi

Tunduk pada kondisi perdagangan standar, di mana batasan tanggung jawab dan pengecualian berlaku. 

Jumlah kompensasi

  • Untuk kerusakan akibat kelalaian pihak freight forwarder: kompensasi yang diterima oleh pengirim barang adalah sebesar USD25.000.
  • Untuk kerusakan akibat hal-hal diluar kuasa manusia (misalnya gempa bumi, banjir, tsunami, badai): pihak pengirim barang tidak menerima kompensasi atas kerugian yang dialami.

Batasan kompensasi

  • Untuk kerusakan akibat kelalaian pihak freight forwarder: kompensasi yang diterima oleh pengirim barang adalah sebesar USD25.000.
  • Untuk kerusakan akibat hal-hal diluar kuasa manusia (misalnya gempa bumi, banjir, tsunami, badai): pihak pengirim barang tidak menerima kompensasi atas kerugian yang dialami.

Jumlah kompensasi

Pertanggungan penuh sejumlah USD50.000.

 

Manfaat asuransi kargo

Seperti yang telah dijelaskan, menyediakan asuransi kargo merupakan suatu keuntungan bagi pelanggan Anda karena barang yang mereka kirim terlindungi secara keseluruhan terhadap risiko kerugian ataupun kerusakan, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama proses pengangkutan barang tersebut.

Asuransi kargo menjadi sangat penting karena beberapa alasan sebagai berikut:
 

  • Pengajuan klaim terhadap penyedia layanan pengangkutan di darat, lautan, udara dan kereta merupakan proses yang sulit untuk dilakukan.
  • Terdapat biaya besar yang tersembunyi terkait penanganan klaim kargo.
  • Meniadakan perselisihan dengan pihak pengirim barang, saat terjadi kerugian atau kerusakan barang.
  • Meniadakan ketidakpastian bagi pihak pengirim barang.
  • Mewujudkan niat baik perusahan kepada pihak pengirim barang.

 

Kelancaran penerbitan polis kargo

Saat ini, Anda dapat memiliki akses ke perangkat asuransi kargo yang inovatif, yang dirancang secara khusus bagi industri pengangkutan. Sebagai perusahaan operator pengangkutan, Anda membutuhkan sistem yang efisien dan canggih untuk dapat memberikan respons cepat kepada pelanggan serta layanan yang personal, terutama dalam hal klaim kargo.

Sarana asuransi pengangkutan yang berbasis web memungkinkan Anda untuk:
 

  • Memperoleh penawaran secara instan untuk pengiriman kargo per satu kali.
  • Mengonversi pembelian perlindungan asuransi secara real-time untuk menghindari penundaan dan kerja manual.
  • Melindungi bisnis Anda terhadap perkara hukum apabila terjadi kerugian atau kerusakan barang.
  • Meningkatkan retensi pelanggan melalui penyediaan layanan bernilai lebih kepada mereka.
  • Memiliki sistem yang cepat dan efektif untuk menerbitkan penawaran asuransi kargo merupakan faktor utama yang akan membuat bisnis Anda berbeda.
     

Pelajari lebih lanjut mengenai bagaimana sistem CargoAdvantage milik Chubb dapat membantu Anda menyediakan penawaran dan perlindungan asuransi kargo hanya dalam hitungan menit, atau hubungi kantor Chubb terdekat untuk mengetahui lebih lanjut.

 

Disclaimer - Artikel ini hanya memberikan gambaran umum tentang produk dan layanan terkait yang ditawarkan oleh Chubb. Setiap saran dalam artikel ini hanya bersifat umum dan tidak memperhitungkan tujuan khusus, situasi atau kebutuhan keuangan, atau hukum dan peraturan yang berlaku di yurisdiksi terkait. Pembaca yang mengandalkan saran ini melakukannya dengan risiko mereka sendiri. Referensi apa pun dalam artikel ini ke konten lain bukan merupakan atau menyiratkan dukungan atau rekomendasi oleh Chubb. Grafik dan animasi yang digunakan dalam artikel ini tidak dimaksudkan untuk mengilustrasikan dan juga bukan representasi dari cakupan, layanan, dan tingkat layanan yang ditawarkan oleh Chubb. Harap tinjau syarat, ketentuan, dan pengecualian lengkap dari polis yang relevan dan pertimbangkan apakah saran tersebut tepat untuk Anda. Pertanggungan ditanggung oleh satu atau lebih perusahaan Chubb. Tidak semua perlindungan dan layanan tersedia di semua negara. Perlindungan dan layanan tunduk pada persyaratan perizinan dan pembatasan sanksi. Artikel ini bukan merupakan penawaran atau ajakan produk asuransi atau reasuransi. Syarat dan ketentuan berlaku untuk layanan. Silakan hubungi broker atau agen lokal Anda untuk mendapatkan saran. © 2022 Chubb. Chubb® dan logo Chubb, Chubb.Insured.SM merupakan merek dagang milik Chubb. 

Hubungi kami secara online
Hubungi kami secara online

Tertarik dengan polis asuransi Chubb ini?

Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan informasi lebih lanjut? Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana kami dapat membantu Anda terlindungi dari potensi risiko yang dihadapi